Sulhi.id

Catatan Kecil Seputar Blogging dan Koding

Install Composer di Windows 10

Thursday, October 11th, 2018     Laravel, Tutorial

Sejak dirilis pada 1 Maret 2012 Composer telah memperoleh popularitas yang luas untuk membawa sesuatu yang sangat di butuhkan untuk PHP yaitu Depedency Management. Composer adalah sebuah project open source yang dimotori oleh Nils Adermann dan Jordi Boggiano. Project composer ini dihost di github (https://github.com/composer/composer) tercatat sejak tanggal 3 April 2011 dan masih aktif sampai sekarang.

Manajemen ketergantungan. Composer pada dasarnya adalah cara untuk menarik semua perangkat lunak pihak ketiga (third party) seperti framework CSS, plugin jQuery dan lain-lain ke dalam proyek Anda.

Kehadiran Composer membuat pemerograman php jadi lebih terstruktur dan lebih rapi. Banyak programmer terbiasa dengan bahasa pemrograman yang terstruktur, ketika pindah ke php, menemukan banyak hal yang rancu. Terutama dalam memanajemen struktur hirarki project. Sehingga membutuhkan usaha lebih untuk menerapkan konsep OOP yang baik dalam php.

Install Composer 

Install Composer di windows yang paling mudah adalah download installer dalam bentuk exe  di  https://getcomposer.org/Composer-Setup.exe

Setelah selesai download, silahkan eksekusi file Composer-setup.exe. Pada jendela pertama instalasi Composer akan terbuka tampilan dialog setup, silahkan klik next untuk melanjutkan.

Composer akan mendeteksi lokasi php.exe yang terinstal. Pada kasus ini php.exe dibundling pada peket WAMP. Pada Wamp terdapat 3 versi PHP yang terinstall, silakan pilih versi yang terbaru (PHP 7.1.22).

Silakan lanjutkan dengan menekan tombol Next hingga selesai.